5 Shalat Yang Wajib Didirikan Oleh Seorang Muslim

16 Mar 2015

Shalat merupakan perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang harus disampaikan oleh Nabi Muhammad Shalallaahu ‘Alayhi Wasallam kepada umatnya. Perintah shalat tersebut tertulis dengan jelas dalam kitab umat Islam yaitu Al Qur’an. Banyaknya kandungan filosofis didalam shalat membuat pembahasan mengenai tak pernah selesai karena semakin digali maka semakin dalam makna yang dikandungnya. Hal itu membuktikan bahwa ilmu Allah Subhanahu Wa Ta’ala sungguh tak terbatas adanya.

Shalat didirikan selain ibadah yang wajib didirikan juga sebagai upaya pembentukan karakter seseorang sebagai mana yang tersebut dalam firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala di dalam kitab Al Qur’an yang artinya: Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan (Surat Al Furqaan Ayat 45).

Adapun 5 Shalat Yang Wajib Didirikan Oleh Seorang Muslim yaitu:

pentawan-shalat

  1. Shalat Shubuh. Didirikan ketika terbitnya fajar shaddiq hingga matahari terbit dengan dua raka’at didalamnya.
  2. Shalat Dzhuhur. Didirikan ketika matahari telah bergerak condong ke arah barat hingga masuknya waktu shalat Ashar.
  3. Shalat Ashar. Didirikan ketika bayangan sama tingginya tinggi benda yang disinari matahari hingga terbenamnya matahari.
  4. Shalat Maghrib. Didirikan ketika terbenamnya matahari hingga masuk shalat Isya’.
  5. Shalat Isya. Didirikan ketika hilangnya cahaya merah dilangit barat (syafaq) hingga terbitnya fajar shaddiq.

Semoga bermanfaat dipodwijayas-senyumwan.gif


TAGS Shalat Yang Wajib Shalat Wajib Yang Wajib Bagi Seorang Muslim


-

Follow Me


Archive