5 Situs Google Untuk Mengoptimalkan Blog Di BLOGdetik

15 Mar 2015

Di awal kehadirannya, Google hanya dikenal sebagai mesin penelusuran situs web di internet. Seiring dengan perkembangan teknologi, terutama dibidang Teknologi Informasi, Google tidak saja dimanfaatkan banyak orang untuk menelusuri internet namun juga menjadi pusat informasi pengoptimalan situs web. Melihat antusias yang tinggi dari masyarakat pengguna internet, Google menyediakan beberapa aplikasi berbasis situs web yang bisa digunakan secara gratis, termasuk oleh pengelola blog di BLOGdetik.

Adapun 5 Situs Google Untuk Mengoptimalkan Blog Di BLOGdetik, yaitu:

pentawan-5situsgoogleuntukmengoptimalkanblogdiblogdetik

  1. Google Analytics. Bila ingin mendapatkan laporan statistik yang lengkap maka aplikasi ini akan memberikan banyak informasi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber data untuk pengembangan dan pengoptimalan situs web/blog.
  2. Google Alat Webmaster. Aplikasi ini akan memverifikasi situs web/blog sekaligus membantu pengindeksan lebih baik terhadap konten situs web/blog melalui pelampiran peta situs (sitemap). Sebenarnya agak sulit untuk melampirkan peta situs blog namun sebagai petunjuk, blog ini menggunakan URL http://pentawan.blogdetik.com/feed/atom?redirect=false&start-index=1&max-results=500 sebagai peta situs, ganti http://pentawan.blogdetik.com dengan URL blog Anda (catatan: ada mungkin cara ini tidak akan selalu berhasil).
  3. PageSpeed Insights. Kecepatan menjadi salah satu faktor yang penting untuk menentukan tingkat kepuasan pengunjung situs web/blog oleh karena itu sangatlah perlu untuk mengetahui kecepatan pemuatan situs web/blog pada browser dengan menggunakan aplikasi ini.
  4. Pengujian Situs Mobile-Friendly. Mengingat saat ini internet sudah dapat dijangkau melalui beragam perangkat seluler maka adalah hal yang perlu untuk mengetahui tampilan situs web/blog pada perangkat seluler atau istilah umumnya Mobile-Friendly (untuk yang satu ini pengelola blog di BLOGdetik tidak perlu khawatir karena secara otomatis BLOGdetik akan mengalihkan ke setelan blog versi mobile). Desain situs web/blog yang responsif terhadap perubahan ukuran layar dan/atau browser juga bisa menjadi hal yang perlu diperhatikan. Sebagai contoh sederhana, rubahlah ukuran browser untuk melihat apakah Anda harus menggulung kesamping untuk dapat membaca atau melihat keseluruhan konten blog Pentawan ini. Jika tidak maka bisa disimpulkan bahwa blog ini cukup responsif terhadap perubahan ukuran layar dan/atau browser.
  5. Validator Struktur Data. Agar situs web/blog mudah dimuat pada berbagai browser maka penggunaan struktur data HTML yang baik sangat diperlukan termasuk pengaplikasian skema markah. Melalui aplikasi ini maka akan dapat diketahui mana markah yang telah sesuai penerapannya dan mana yang belum sehingga bisa melalukan perubahan-perubahan yang dianggap perlu.

Semoga bermanfaat dipodwijayas-senyumwan.gif


TAGS Google Analytics Google Alat Webmaster Google PageSpeed Insights Google Pengujian Situs Mobile-Friendly Google Validator Struktur Data


-

Follow Me


Archive